Jumat, 10 Oktober 2014

Mari Wujudkan Tangerang Nyaman untuk Semua

KENYAMANAN hidup merupakan hak dasarseluruh warga negara. Setiap masyarakat khususnya di perkotaan tentunya mendambakan kehidupan yang nyaman, aman, dan dapat menikmati setiap sarana serta prasarana yang tersedia karena kota merupakan tempat mereka berteduh, menetap, dan melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Sejalan dengan konsep livable, investable, visitable, and e-viable (LIVE) city, yakni sebagai kota layak huni, layak investasi, layak dikunjungi, dan kota berbasis elektronik, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang yang dipimpin sang Wali Kota H Arief R Wismansyah pun merevitalisasi berbagai landmark untuk mewujudkan kota yang nyaman.

Itu antara lain penyediaan penerangan jalan umum melalui Program Tangerang Terang.Upaya itu diharapkan semakin `menghidupkan' kota, memudahkan masyarakat atau para investor dalam beraktivitas khususnya di malam hari. Kemudian, melalui Tangerang Bersih dan Tangerang Sehat, pemkot berupaya mewu judkan kota yang tak hanya bersih dan sehat, tetapi juga menjadikan bersih dan sehat menjadi budaya bagi masyarakat Kota Tangerang dengan terus menggalakkan bank sampah di berbagai pelosok wilayah. Upaya lainnya ialah menambah dan memperbaiki sarana serta prasarana kebersihan dan kesehatan melalui penambahan armada angkut sampah, kampung hijau, bedah kampung, dan sebagainya.

Selain itu, melalui Program Tangerang Cerdas, pemkot memberikan kesempatan bagi para siswa/siswi kurang mampu untuk mengenyam pendidikan dengan biaya ditanggung sepenuhnya oleh Pemkot Tangerang, baik untuk sekolah negeri maupun swasta.
Info mengenai rental mobil Tangerang dan Provinsi Banten dapatkan di website Gloria Rent CAr.
Program-program tersebut merupakan bagian dari upaya perwujudan dan langkah menuju kota layak huni sehingga upaya memanusiakan manusia di dalam kota yang semakin padat untuk hidup dengan kualitas dan pelayanan memadai pun dapat terpenuhi.

Dalam mewujudkannya, Pemkot Tangerang terus melakukan perencanaan tata ruang secara komprehensif yang berbasis ekologis dengan mempertimbangkan kondisi keanekaragaman hayati, kapasitas, daya dukung lingkungan, serta kondisi sosial-ekonomi yang mendukung kawasan serta membangun dan mengendalikan kawasan perkotaan.

Upaya itu tentunya harus turut didukung partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat yang ada di Kota Tangerang sehingga kota dapat berkembang dengan penuh kreativitas dan inovasi. Itu dilakukan melalui perubahan pola hidup atau kebiasaan masyarakat, mulai menjaga kebersihan lingkungan, menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan, hingga memanfaatkan lahan sesuai dengan fungsinya karena perwujudan kota nyaman tak hanya dari pembangunan fisik semata, tetapi juga pembangunan sumber daya manusianya.

Mari bersama kita wujudkan Kota Tangerang sebagai kota yang nyaman bagi masyarakatnya, yang masyarakatnya dapat hidup dengan nyaman, aman dalam menikmati berbagai fasilitas kota ataupun dalam melakukan berbagai aktivitas karena Kota Tangerang ini milik dan tanggung jawab kita bersama. (S-25) Media Indonesia, 9/10/2014, hal : 10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar